-->

Tim Kesehatan Periksa Jamaah Calhaj Kotabaru

Telah Dibaca : 0 kali



 GEMA - Jamaah calon haji Kabupaten Kotabaru tahun ini menjalani pemeriksaan tahap kedua oleh tim kesehatan yang ditunjuk panitia penyelenggara haji Kabupaten Kotabaru.

Sehingga tinggal satu tahap kesiapan lagi jamaah akan dicek kebugaran dan kesehatannya, yakni ketika masuk embarkasi sebelum keberangkatan ke tanah suci Mekkah pada bulan Oktober nanti.
Demikian kata wakil ketua tim pemeriksa kesehatan calon haji Kotabaru dr. Zainal Hakim saat dikonfirmasi Swara Saijaan, Jum’at (16/9) terkait pemeriksaan kesehatan terhadap 202 jamaah calon haji (calhaj) yang berlangsung dari tanggal 12 – 17 September.
“Hingga kini calon haji yang telah diperiksa berjumlah 198 orang, diharapkan besok hari terakhir telah selesai, kalaupun belum rampung masih diberikan toleransi hingga tanggal 19 september,” ujarnya mengantisipasi kendala jarak dari calhaj yang berasal dari daerah yang jauh dari ibukota kabupaten.
Dijelaskan Zainal Hakim yang juga Kepala Puskesmas Kotabaru Hilir bahwa calhaj yang ditangani tim kesehatan yang berjumlah kurang lebih 40 orang ini menjalani serangkaian pemeriksanaan, yakni tes darah dan urine, imunisasi meningitis dan influenza, serta kebugaran. Sedangkan calhaj yang berusia 40 dan 60 tahun keatas wajib periksa rontgen dan jantung.
“Untuk calhaj yang menderita penyakit, dirujuk ke RSUD Kotabaru untuk mendapat penanganan lebih lanjut,” tambahnya mengenai rujukan ini diberikan karena pemeriksaan dipusatkan di Puskesmas Kotabaru Hilir.
Selain itu sebelum pemeriksaan, pihaknya juga memberikan himbauan kepada calhaj untuk selalu menjaga kesehatan, memperhatikan gizi makanan, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. “Jalan kaki setiap pagi dengan jarak yang cukup dan disesuaikan dengan usia, sangat mendukung terpeliharanya kebugaran dan kesehatan,” sarannya kepada jamaah calhaj menjelang keberangkatan. (Sfr)
Share:
Show comments
Hide comments

0 Comments:

Posting Komentar

Terima Kasih Sobat Sudah:

1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan
4. Berilah Informasi Kepada Admin Jika ada script yang Sudah tidak berfungsi
5. komentar Jorok/kasar /berbau Sara/Porno /saya anggap sebagai SPAM
6. Tidak Mengcopy paste artikel ini ( Ingat Bahaya Copy paste )

Demikian harap di maklumi

Arsip Blog

Follow Twetter Gema Saijaan Online
Follow Facebook Gema Saijaan Online
`
 
Tutup
Hosting Murah