-->

Aliran Kepercayaan Hampang Gelar Bawanang Putung Tahun

Telah Dibaca : 0 kali
GEMA, HAMPANG - Warga suku dayak Desa Hampang Kecamatan Hampang, Kotabaru, Kalimantan Selatan, yang menganut aliran kepercayaan kaharingan menggelar acara balian bawanang putung tahun (syukuran panen tahunan).

Kegiatan tersebut dilaksanakan warga setempat rutin setiap tahunnya setelah habis panen raya di balai adat Hampang, dan masa pelaksanaannya mulai dari 4 hari, 6 hari, 8 hari, 10 hari, dan 12 hari tergantung dari hasil panen yang mereka peroleh setiap tahunnya..

Hal tersebut dipercaya sebagai bentuk rasa syukur warga kepada  ‎​yang maha kuasa atas rejeki ‎​yang mereka dapatkan selama ini.

Dikatakan Sukirman, selaku ketua majelis aliran kepercayaan kaharingan tingkat Kabupaten Kotabaru, kegiatan tahun ini berlangsung selama enam hari enam malam di balai adat Desa Hampang.

"Acara ini sudah berlangsung sejak turun temurun hingga sekarang dan kalau masalah biaya patungan dari warga setempat," ungkap Sukirman.

Sukirman,  ‎​yang juga sebagai Kepala Desa Hampang, mengungkapkan bahwa ada proses acara yang harus dilakukan selama pelaksanaan enam hari enam malam tersebut diantaranya untuk dua malam yaitu baharian, untuk empat malam hingga enam malam yaitu bawanang.

Masih kata Kades Desa Hampang, bahwa ada beberapa acara balian di Kotabaru diantaranya Balian Dewa, Balian Darat, dan Balian Belahan Waluh.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:
Show comments
Hide comments

0 Comments:

Posting Komentar

Terima Kasih Sobat Sudah:

1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan
4. Berilah Informasi Kepada Admin Jika ada script yang Sudah tidak berfungsi
5. komentar Jorok/kasar /berbau Sara/Porno /saya anggap sebagai SPAM
6. Tidak Mengcopy paste artikel ini ( Ingat Bahaya Copy paste )

Demikian harap di maklumi

Arsip Blog

Follow Twetter Gema Saijaan Online
Follow Facebook Gema Saijaan Online
`
 
Tutup
Hosting Murah